Tahu gak Food Cost ? dan Cara Hitungnya ?

Cara Menghitung Food Cost

Dalam menentukan harga jual untuk makanan dan minuman yang dijual di Restoran, diperlukan suatu rumusan atau formula khusus yang biasanya mengacu pada  food cost. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan nilai harga jual ideal yang baku untuk semua menu makanan dan minuman yang dijual dan tidak hanya berdasarkan perkiraan atau taksiran yang bisa jadi meleset karena tanpa rumus perhitungan. Akibatnya, bisa rugi jika harga terlalu murah meskipun ramai pembeli dan bisa tidak ada yang beli jika harga yang dipatok terlalu mahal.

Apa pengertian food cost?

Food cost adalah seluruh biaya (cost) yang dikeluarkan untuk dapat menghasilkan suatu menu makanan dan minuman dengan standart resep tertentu dari mulai bahan, pengolahan, hingga menjadi menu makanan dan minuman siap jual per satu porsi. Perhitungan food cost biasanya dilakukan oleh chief cook atau chef di restoran tersebut.

Nilai food cost biasanya dihitung dalam persen (% = per-seratus). Setiap Restoran bisa saja berbeda dalam menentukan besaran nilai harga jual yang diterapkan. Namun biasanya besaran harga jual untuk makanan dan minuman adalah sebagai berikut :

Harga Jual Makanan = 35% s/d 38 %
Harga Jual Minuman = 28% s/d 33 %

Semakin kecil besaran atau persentase harga jual yang diterapkan, makin besar keuntungan atau laba yang diharapkan.

Yuk belajar cara menghitung food cost…

Contohnya Harga Jual Nasi Goreng Special dengan menggunakan food cost sebesar 37 % sebagai berikut :

Komposisi Bahan :

Ayam Rp. 8000,-
Nasi Rp. 2500,-
Telor Rp. 1000,-
Bumbu Rp.   500,-
Minyak goreng Rp.   500,-
Gas Rp.   500,-
Service Rp.   500,-
Total   Rp.13.500,-
Harga jual = Rp.13.500,- x 100  = Rp.1.350.000,-  = Rp. 36.486,- / Porsi.
                                37                         37

 

Sekarang kita sudah mengetahui bahwa harga jual minimal untuk Nasi Goreng Special adalah senilai Rp. 36.486,-. Kita kemudian bisa melakukan pembulatan nilai harga jual misalnya menjadi  Rp. 36.500,- atau menjadi Rp. 36.000,-.

Hal yang sama juga berlaku untuk menentukan foodcost menu minuman atau beverage.

Demikian sharing artikel buat kamu penggiat kuliner restoran.

BACA JUGA : 3 Hal Penting yang Perlu Kamu tahu tentang Kualitas Menu Masakan

Kesimpulan :

  1. Perhitungan Food Cost setiap restoran terutama dalam hal harga jual produk akan berbeda-beda, tergantung manajemen nya masing-masing.
  2. Tujuan penghitungan food cost ini selain membantu Anda dalam menentukan harga jual makanan dan minuman di restoran Anda, agar Anda juga dapat mengetahui tingkat penjualan (food sales) pada setiap outlet atau cabang restoran Anda.
  3. Bila perhitungan secara manual agak ribet, coba menggunakan aplikasi dari vendor-vendor yang menyediakan software restoran yang sesuai dengan kebutuhan.

Sematang-matangnya perhitungan food cost yang dilakukan namun bila interior restoran not looks good , penyajian serta peralatan makan minum yang digunakan tidak baik semuanya jadi sia-sia saja, alias tidak laku hehehe…

Lengkapi Peralatan Makan dengan Bahan Berkualitas

Rasa enak jadi daya tarik utama sebuah masakan. Meski begitu, cara penyajian dan peralatan makan juga jadi faktor yang tak boleh dilupakan. Hal-hal itu menjadi alasan untuk meningkatkan selera makan. Pasalnya, alat makan seperti sendok, garpu, sumpit, piring, mangkok, gelas serta alat dapur modern hingga peralatan dapur lainnya bisa jadi pendukung agar makan semakin menyenangkan. Tak lupa, peralatan masak memasak di dapur juga perlu dilengkapi.

Baca Juga : Peralatan Makan Berkualitas untuk Kelezatan dan Kesehatan Sajian Keluarga

Semoga artikel ini bermanfaat ya 🙂

Glori Melamine – Fashion in Dining

Referensi : restofocus.com

16 thoughts on “Tahu gak Food Cost ? dan Cara Hitungnya ?

    • Glori Melamine says:

      Halo gan,
      Terima kasih atas kunjungannya.

      Hitungannya sederahana saja, pembulatan dari Rp 36.486 / porsi. Tergantung manajemen restorannya mau menggunakan harga jual yang mana, itu optional saja gan.

      Thanks

  1. joko rantau says:

    Layaknya asyik binal ah.
    Klau untuk kita menentukan harga jual beli atau kaki lima juga berlaku gan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beli Banyak, Diskon Banyak ! Dismiss